Manajemen Pekerjaan, Pernikahan, Kehamilan, dan Keluarga dengan Aplikasi Trello

Bagi orangtua yang bekerja di rumah, me-manage pekerjaan rumahtangga dan urusan bisnis/pekerjaan memang memerlukan kapasitas otak yang sangat yahud. Nah, teknologi seharusnya memudahkan kita untuk mengatur semua itu, bukan malah menambah repot.

Sumber gambar: Trello.com

Awal mula kami menggunakan aplikasi Trello ialah untuk mengatur acara pra pernikahan sampai pernikahan. Alhamdulillah acara berjalan mayoritas sesuai rencana. Setelah menikah kami malah jadi ketagihan menggunakannya. Alhasil kami mencoba utak-atik dan akhirnya memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini sebagai tempat mencatat logbook khususnya wishlist, pekerjaan, anak, dan keluarga. Cara penggunaan untuk manajemen rumah tangga silakan dibaca di https://blog.trello.com/trello-at-home-boards. Untuk manajemen pernikahan, silakan dibaca di https://trello.com/b/IuoxVMY1/wedding-thank-you-cards.

Trello merupakan salah satu aplikasi gratis seperti to do list tetapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan sangat nyaman digunakan kolaborasi atau tim yang tidak harus saling bertemu dalam satu tempat atau ruangan. Trello dibuat oleh Fog Creek Software Company yang berasal dari New York dan dirilis sekitar tahun 2010.

Sumber gambar: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trello

Trello gives you perspective over all your projects, at work and at home. Whether it’s managing a team, writing an epic screenplay, or just making a grocery list, Trello is your sidekick for getting things done and staying organized.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trello:

Apa saja yang bisa dilakukan dengan Trello?

  • Create boards to organize anything you’re working on.
  • Use them solo or invite coworkers, friends and family to collaborate.Customize workflows for different projects
  • Add checklists of “To-Dos” on cardsAssign tasks to yourself and coworkers
  • Comment on items with your friends
  • Attach files from Google Drive and Dropbox
  • Upload photos and videos
  • Reply to comments from Android Wear
  • Display cards in a calendar view with the Calendar Power-Up
  • Work offline and boards will sync automatically when reconnected

Trello yang menggunakan sistem Kanban board ini sangat mudah digunakan. Card hanya perlu di drag and drop ke kiri-kanan dan atas-bawah. Tinggal geser-geser saja. Anda juga bisa menambahkan gambar, stiker, calendar, dan juga meng-assign tugas atau menghibahkan tanggungjawab ke orang lain dengan aplikasi Trello ini.

Sumber gambar: Trello.com

Dikutip dari http://bisakomputer.com, berikut ini fitur Trello yang mudah digunakan:

1. Organisasi Grup

Anda bisa menambahkan lebih dari satu grup atau juga tim kerja di dalam Trello yang bisa diatur sebagai private atau public. Di dalam sebuah grup Anda juga bisa menambahkan lebih dari satu “Board”. Tambahkan grup baru pada tombol New Organization di sebelah kanan halaman profil Anda (bila Anda sudah login ke dalam Trello).

2. Board

Board di dalam Trello bisa diasumsikan sebagai sebuah papan tulis besar tempat kita meletakkan to do list note. Satu board bisa Anda gunakan sebagai sebuah project dan Anda bisa menambahkan, mengubah atau pun mengatur panel-panel di dalam sebuah board tersebut. Tambahkan member atau rekan kerja Anda yang terlibat di dalam sebuah project tersebut dengan menekan tombol Add Members.

3. Card

Card diartikan sebagai to do list di dalam Trello. Tambahkan card pada tombol Add a card di bawah salah satu panel board. Cukup drag dan drop saja untuk memindahkan card ke dalam panel lainnya. Di dalam sebuah card Anda bisa memanfaatkan fitur-fitur seperti :

  • Menambahkan komentar dan mention rekan kerja Anda seperti di twitter dengan menggunakan “@”.
  • Mengunggah berbagai macam file baik teks maupun gambar.
  • Mengatur tanggal deadline dan memberi vote.
  • Menambahkan label.
  • Menambah checklist dan member yang terlibat.
  • dan menyimpannya sebagai arsip dengan menekan tombol Archive.

Trello bersifat real-time, artinya bila Anda melakukan sebuah perubahan di dalam board, maka rekan kerja Anda akan mengetahuinya dan mendapat notifikasi serta tercatat dalam Activity Stream saat itu juga (bila Anda terhubung dengan internet). Aplikasi web Trello di desain secara responsive, yang artinya layout-nya berubah dan menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar di mana pun Anda mengaksesnya. Maka Anda akan merasa sangat nyaman menggunakan Trello di berbagai gadget Anda.

Manajemen Kehamilan dan Persalinan dengan Trello

Di dunia yang serbainternet ini, di zaman yang serbacepat, teknologi sangat membantu sekali mengakomodasi itu semua. Termasuk proses kehamilan dan kelahiran bayi. Kehadiran Trello sangat membantu khususnya untuk ibu-ibu yang supermultitasking dan sibuk tingkat tinggi.

Di Trello kita bisa meng-customize background, mengundang anggota lain dengan mengetikkan e-mailnya, lalu menambah card, melabeli card-nya, memasukkan attachment, comment di setiap card, dan masih banyak lagi.

Di board Trello untuk kehamilan, kami menggunakan beberapa kategori/kolom, di antaranya:

  1. Milestone (event penting seperti: Jadwal Kontrol, Cek Lab, Konsultasi Dokter, Babymoon, Jadwal Imunisasi, USG, Kelahiran, sampai Aqiqahnya nanti, dan lain-lain)
  2. To Do (rencana ke depan/yang belum dilakukan)
  3. Doing (hal-hal yang sedang dilakukan)
  4. Done (hal-hal yang selesai dilakukan) bisa ditaruh di Milestone juga kalau sudah selesai dilakukan
  5. How-To (tutorial dari berbagai sumber tentang dunia kehamilan, persalinan, parenting, dan lain-lain)
  6. References (referensi nama anak, rumah sakit, situs-situs inspiratif)

Di aplikasi ini, kita bisa mengatur due date setiap card. Hal ini penting sebagai pengingat/reminder kita. Kita bisa mengedit deskripsi, menambah attachment, menulis comment dan dibaca oleh subscriber yang lain, dan jika card sudah tidak diperlukan, kita bisa meng-archive-nya. Kami juga meng-install Toggl sehingga dia muncul di Trello (button merah ‘Start Timer’).

Setiap aktivitas kita akan tercatat dalam rekamannya. Kita juga bisa berkomunikasi dengan anggota tim. Overall, Trello sangat membantu kami dalam me-manage urusan dalam kehidupan sehari-hari. Aplikasi ini juga memudahkan sebuah organisasi dalam mengatur kerja tim.

Buat ibu-ibu masa kini, yang ingin mencatat progres kehamilan dan persiapan kelahiran, bahkan nanti sampai anaknya sudah besar, silakan sign up di Trello atau download di https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trello dan rasakan sensasinya! Wassalaamu’alaikum warahmatullaahi wabarakaatuh.

Advertisements